.

WelcomeToKahfiBlog Headline Animator

rss

Friday, January 22, 2010

Gerhana Matahari Pertama dan Terakhir


Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfir dan Iklim LAPAN, Thomas Djamaluddin, di Bandung menyebutkan, gerhana itu akan terlihat di Bandung sampai 8,3 persen.

Fenomena alam yang mulai berlangsung pukul 14.39 WIB hingga 15.55 WIB tersebut, menurut Thomas, akan terlihat sebagian, karena pada saat terjadi gerhana, matahari tidak pada posisi tegak lurus dengan posisi Indonesia.

“Cincin tidak akan kelihatan. Cincin hanya akan bisa terlihat jika berada tepat di bawahnya. Gerhana cincin tersebut akan terlihat jelas di Afrika Tengah, India Selatan, Myanmar dan China,” kata Thomas Djamaludin.

Bandung jangan takut gelap, lanjut Thomas, sebab persentasenya tidak cukup besar. Puncak terjadinya gerhana di Bandung sebagai fenomena alam tersebut, diprediksikan pukul 15.18 WIB. Meski demikian, tetap saja tidak akan terlihat dengan jelas.

Berbeda dengan di daerah Nangroe Aceh Darussalam. Di sana, ujar Thomas, akan terlihat gelap, sebab gerhana matahari di Aceh Darussalam akan tampak hingga 60 persen.

“Gerhana ini akan terjadi dengan persentase nol sampai enampuluh persen, jadi paling besar di Aceh. Nanti akan sangat gelap di sana,” kata Thomas.

Gerhana kali ini, lanjut Thomas, menjadi unik karena menjadi gerhana matahari pertama dan terakhir pada 2010. Gerhana matahari sebelumnya terjadi pada 26 Januari dan 22 Juli 2009.

Thomas menandaskan, gerhana yang terjadi pada 26 Januari 2009 diisitilahkan gerhana matahari cincin, sementara gerhana matahari 22 Juli 2009 sebenarnya gerhana matahari total.

“Tapi di Indonesia hanya terjadi gerhana sebagian,” ujar Thomas

Related Posts by Categories



Artikel terkait dengan kategori ini:



0 comments:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Jangan Ada Unsur SARA!! Atau Spam!

Subcribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to WelcomeToKahfiBlog by Email
 

Tukeran link

Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali Kahfi Blog Untuk Link Blog Saya Yang Berupa Tulisan ^_^BLOG SEORANG KAHFI YANG SEDANG BELAJAR BLOGGING^_^

Link

    Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta http://siblog.akprind.ac.id Download Software, Review, Tips, Triks AdSense, Tutorial Blog, Bisnis Penghasil Dollar, cara buka Paypal/Alertpay, tips google adsense, bisnis internet, pusat bisnis online Kolom blog tutorial EDIT_HTML eljaholic.co.nr Image Hosted by ImageShack.us snexcommunity.blogspot.com ihsan's blog Guestbook Gubuk blekenyek Lirik Lagu Indonesia Terbaru Photobucket zakariasunan.blogspot.com tips dn trk blogger blog dalimunthe Submit URL

    Page Rank Checker Page Rank Checker is a free tool to check the page rank of any web site easily, without the need to install Google toolbar. This tool also allows you to display the page rank value of your web site right on your web pages.

    http://mancagok.blogspot.com/ DONALCOM belajar bisnis affiliasi Blog Tutorial – Blogger Tips Komunitas Bloger Yogyakarta - CAHANDONG.ORG smartdots - smart dots for a smart net!

Blog Rank

Review kahfikepretz.blogspot.com on alexa.com
Tulis DiSini Always No Spam

Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Info Blog)

Followers

Kotak Penggemar

Kahfi Blog on Facebook