.

WelcomeToKahfiBlog Headline Animator

rss

Friday, January 22, 2010

Sains Islam dan Sains Modern

Sains Islam adalah sains yang dikembangkan berdasarkan pada petunjuk Al Quran. Al Quran merupakan wahyu dari sumber dari segala sumber ilmu yaitu Allah SWT, sehingga di dalamnya terdapat berbagai petunjuk kepada umat manusia secara keseluruhan sebagaimana disebutkan dalam QS Al Baqarah (2): 185.

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda…(QS Al Baqarah [2]: 185)

Lalu apa perbedaan sains islam dengan sains yang dikenal saat ini yaitu sains modern atau sains barat? Setiap bangunan sains berpijak pada 3 pilar utama yaitu pilar ontologis (subjek ilmu), pilar aksiologis (tujuan yang ingin dicapai oleh sains), dan pilar epistemologis (bagaimana atau dengan apa kita mencapai pengetahuan). Sains Islam dengan sains barat berbeda dalam pilar-pilar tersebut. Bangunan sains Islam secara keseluruhan berdasarkan prinsip tauhid yang bersumber dari wahyu. Sedangkan bangunan sains barat menjadikan materialisme sebagai pondasinya.

Pertama, pilar ontologis sains islam, yakni hal yang menjadi subjek ilmu, yaitu penerimaan terhadap realitas material maupun non material. Tinggi dan berat badan merupakan contoh realitas material, sedangkan rasa kasih sayang, tenteram, dan kecenderungan antara lawan jenis merupakan realitas non material, dan sains Islam menerima keduanya.

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.QS Ar Rum: 21)

Sebaliknya, sains modern hanya menerima realitas materi dan pikiran. Sebagai dua hal yang berbeda dan terpisah.

Pilar kedua yaitu aksiologis, tujuan ilmu pengetahuan dibangun. Sains islam jelas bertujuan mengenal Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya, memperlihatkan kesatuan hukum alam, kesalinghubungan seluruh bagian dan aspeknya sebagaibentuk ketundukan alam kepada Kehendak Ilahi. Dihasilkannya produk-produk yang memudahkan hidup manusia seperti berbagai teknologi, merupakan hasil sampingan dari tujuan mengenal Allah.

Sains modern menuju kepada anggapan bahwa Tuhan memulai alam semesta tapi kemudian membiarkannya. Tuhan pensiun, deus otiosus. Sains modern tidak memasukkan Pencipta dalam pemikiran mereka. Suatu ketika Napoleon menemui Laplace dan berkata, “Tuan Laplace, orang-orang mengatakan kepada saya bahwa Anda telah menulis buku besar mengenai sistem alam semesta dan Anda tidak pernah menyebut Sang Pencipta.” Laplace memberi jawaban yang sangat terkenal, “Saya tidak membutuhkan hipotesis itu.” Jika hipotesis berupa peran Tuhan saja tidak diperlukan, maka mustahil Tuhan menjadi tujuan dalam sains modern.

Pilar ketiga adalah bagaimana kita mencapai pengetahuan, pilar epistemologis. Dalam hal ini, sains islam menggunakan epistemologis sains modern, berupa metode ilmiah, ditambah penerimaan wahyu sebagai sumber inspirasi.

Related Posts by Categories



Artikel terkait dengan kategori ini:



0 comments:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Jangan Ada Unsur SARA!! Atau Spam!

Subcribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to WelcomeToKahfiBlog by Email
 

Tukeran link

Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali Kahfi Blog Untuk Link Blog Saya Yang Berupa Tulisan ^_^BLOG SEORANG KAHFI YANG SEDANG BELAJAR BLOGGING^_^

Link

    Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta http://siblog.akprind.ac.id Download Software, Review, Tips, Triks AdSense, Tutorial Blog, Bisnis Penghasil Dollar, cara buka Paypal/Alertpay, tips google adsense, bisnis internet, pusat bisnis online Kolom blog tutorial EDIT_HTML eljaholic.co.nr Image Hosted by ImageShack.us snexcommunity.blogspot.com ihsan's blog Guestbook Gubuk blekenyek Lirik Lagu Indonesia Terbaru Photobucket zakariasunan.blogspot.com tips dn trk blogger blog dalimunthe Submit URL

    Page Rank Checker Page Rank Checker is a free tool to check the page rank of any web site easily, without the need to install Google toolbar. This tool also allows you to display the page rank value of your web site right on your web pages.

    http://mancagok.blogspot.com/ DONALCOM belajar bisnis affiliasi Blog Tutorial – Blogger Tips Komunitas Bloger Yogyakarta - CAHANDONG.ORG smartdots - smart dots for a smart net!

Blog Rank

Review kahfikepretz.blogspot.com on alexa.com
Tulis DiSini Always No Spam

Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Info Blog)

Followers

Kotak Penggemar

Kahfi Blog on Facebook